Bagaimana Mengqadha Shalat yang Terlewat?

Assalamu'alaikum..

Shalat merupakan salah satu kewajiban kita sebagai seorang muslim. Shalat pada waktunya menjadi salah satu syarat sahnya shalat. Tapi terkadang dalam kehidupan sehari-hari, kita menghadapi satu kondisi dimana kita tidak sengaja meninggalkan shalat. Misalnya ketiduran, lupa, pingsan, dan lainnya.

Nah, keringanan yang Allah berikan kepada kita yaitu dengan diperbolehkannya mengqadha shalat yang terlewat. Mengqadha shalat sendiri artinya mengerjakan shalat di luar waktu sebenarnya untuk menggantikan shalat yang terlewat.
Barangsiapa yang terlewat shalat karena tidur atau karena lupa, maka ia wajib shalat ketika ingat.
HR. Al-Bazzar 13/21, shahih.
via salafiislam

Bagaimana cara bagaimana cara mengqadha shalat?

Mungkin ada yang masih bingung dengan bagaimana cara mengqadha shalat. Nah, sebenarnya mengqadha shalat itu tidak ada bedanya dengan mengerjakan shalat pada waktunya. Baik tata cara maupun bacaannya. Sama persis. Untuk niat shalatnya juga tidak ada lafal khusus yang perlu diucapkan. Dari sisi waktu, mengqadha shalat harus dilakukan segera kerika teringat dari lupa atau tersadar dari hilang akalnya. Tidak boleh ditunda-tunda, harus dikerjakan sesegera mungkin. Begitupun ketika shalat yang terlewat lebih dari satu. Misalnya, kita tertidur dan waktu shalat zhuhur dan ashar sudah terlewat. Maka saat kita terbangun, segera ambil wudhu dan shalat. Kemudian setelah salam berdiri kembali untuk melakukan shalat yang tertinggal lainnya.

Semoga bermanfaat :-)

Komentar

Posting Komentar

Lihat Juga Nih