4 Resep Kopi Istimewa yang Hanya Dicampur Air Saja

Siapa sih yang nggak suka yang namanya ngopi? Aktivitas yang satu ini selain bisa menenagkan pikiran, juga bisa membuat badan kita lebih sehat asal tidak berlebihan yaa.. Tapi banyak juga yang masih bingung, gimana sih buat kopi yang enak? Terus apa saja sih yang dibutuhkan? Terus komposisinya gimana?..
Nah.. dikesempatan kali ini aku akan 4 kopi istimewa yang cukup dibuat dengan kopi dan air saja. Apa saja kopinya? Cek dibawah yaaa...

1. Kopi tubruk

Foto: Thinkstock
via food.detik.com
Kata orang sih kopi tubruk adalah kopi yang paling jujur. Kopi tubruk sendiri adalah kopi yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Karena metodenya yang cepat dan praktis, cara tubruk ini juga memiliki cita rasa yang asli dari kopi yang kita seduh.

Bagaimana sih buat kopi tubruk yang mantap?

Umumnya perbandingan kopi dan air adalah 1:15. Artinya, teman teman siapkan biji kopi 10 gram untuk 150 ml air. Giling biji-biji kopi tersebut di ukuran medium. Kemudian taruh kopi hasil gilingan tadi ke dalam cangkir dilanjutkan dengan pouring atau menyiramkan air panas ke dalam cangkir dengan konsisten dan merata. Suhu air juga diperhatikan ya teman teman. Suhu optimal untuk melakukan pouring antara 93-96 derajat celsius. Tinggi rendahnya suhu sangat berpengaruh bagi rasa kopi nantinya. Jika suhu terlalu tinggi, kopi bisa gosong dan rasa menjadi pahit. Sebaliknya jika semakin rendah dapat membuat kopi menjadi asam.

2. Espresso

Espresso is a miracle of chemistry in a cup, Andrea Illy
Siapa nih yang nggak tahu sama metode kopi yang satu ini. Bagi yang belum tau nih espresso itu berasal dari istilah Italia “pressed-out-coffee”. Dan cara buatnya pun kudu cepet. Karena hasil yang diperoleh dari espresso tak terlalu banyak (biasanya 30-60 ml per shot), minum espresso pun juga harus cepat. Espresso bukan seperti tubruk atau capuccino yang bisa dinikmati pelan-pelan sambil chit-chat dengan temen, espresso harus cepat diteguk. Lebih nikmat apabila masih ada crema-nya.
Coffee GIF
Lapisan buih pada espresso atau biasa disebut crema via Giphy
Nah untuk membuat espresso ini banyak metode yang dapat kamu coba, bisa pakai mesin ataupun tidak pakai mesin. Beberapa rekomendasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat espresso tanpa mesin di rumah kamu antaranya kamu bisa pakai mokapot, french press, ataupun classic drip dengan hasil kopi yang kental dan tak kalah dengan yang menggunakan mesin.

3. Americano

Espresso dan Americano via etsy.com
Merasa espresso terlalu pahi atau terlalu sedikit? Kamu bisa coba Americano. Yup sebenarnya kopi ini merupakan lanjutan dari espresso. Cara buatnya cukup mudah kok.. kamu tinggal siram aja espresso yang sudah kamu buat dengan air panas. Takaran air yang digunakan untuk 30ml espresso adalah 120ml air panas. Kamu gak suka panas? Americano juga nikmat dinikmati dengan suasana dingin. Tinggal kamu beri cukup butiran es jadilah Iced Americano.
Perbandingan Americano dan Iced Americano via 1912PIKE

4. Cold brew

Dokumentasi pribadi
Nah bagi kamu pencinta dingin, cold brew merupakan pilihan yang pas. Memang bagi sebagian orang tak lazim menikmati dengan air yang dingin, tapi tidak ada salahnya juga mencoba cita rasa kopi yang lembut dan gentle yang dimiliki oleh cold brew.

Yang menjadikan kopi ini lebih istimewa adalah kopi ini lebih aman dilambung daripada yang hot brewed coffee. Selain itu cold brew juga bisa disimpan 1 minggu sampai 1 bulan lho..

Nah bagi kamu yang pengen buat cold brew di rumah, beberapa hal ini perlu kamu perhatikan:
  • Giling biji kopi berukuran medium coarsed. Tapi itu juga tergantung selarea kamu juga.
  • Waktu ekstraksi kamu butuk setidaknya 12 hingga 24 jam.
  • Rasio terbaik di 1:8 yang berarti 10 gr untuk 80 ml. Jaga suhu air tetap di bawah 20°C ya agar tingkat kepahitan dari kopi kamu tetap rendah.

Komentar

Lihat Juga Nih